All about Cars Service , Spare Part, Solution service

Sabtu, 03 September 2016

Cara Memperbaiki Katup (Valve) Yang Rusak dan Penyebabnya

Klep atau katup atau bahasa inggrisnya yakni valve memiliki fungsi yaitu sebagai pengatur masuknya gas baru dan keluarnya gas buang dari sisa pembakaran pada mesin motor.

Untuk tugas dari klep itu sendiri sangatlah berat dan sangat vital, karena bila ada suatu kebocoran atau gangguan sedikit saja maka pada klep tersebut akan dapat mengakibatkan tenaga mesin pun menjadi menurun atau dalam istilahnya performa mesin menjadi ngedrop. Maka dari itu kenali klep atau katup dan kelengkapannya.

Cara Memperbaiki Katup (Valve) Yang Rusak dan Penyebabnya
Cara Memperbaiki Katup (Valve) Yang Rusak dan Penyebabnya

Nah berikut ini penjelasan mengenai klep dan sebab-sebab kerusakan dan perbaikinya simak dibawah ini.

Klep ( Valve )

Untuk ukuran payung Klep hisap dibuat lebih lebar dari Klep buang hal ini bertujuan supaya pengisian gas yg baru lebih optimal. Klep hisap biasanya terbuat dari campuran baja chrom dan silikon dan pada bagian dudukan dan ujung batang klep diperkeras supaya klep tersebut lebih awet.
Sedangkan untuk klep buang itu sendiri terbuat dari dua logam baja yg berbeda, untuk batang klep dari baja yg memiliki sifat luncur yg baik dan untuk payung klep dari baja tahan panas karena temperatur pada klep buang dapat mencapai 800 derajat celcius.


Beberapa kerusakan yg sering terjadi pada katup atau klep selama pemakaian mesin motor antara lain yaitu :
  • Setting / kedudukan daun katup aus / pecah
  • Batang katupnya menjadi aus atau mengecil
  • Pada batang katupnya menjadi bengkok
  • Akibat Dari Kedudukan Daun Katup Rusak
  • Untuk kedudukan daun katup yg rusak akan sangat berpengaruh pada beberapa fungsi lain seperti :
  • Pada kompresi motor menjadi bocor
  • Motor pun akan susah / sukar untuk dihidupkan
  • Hidupnya motor pun tidak normal
  • Pada bahan bakar pun menjadi boros
  • Pada motor juga tidak dapat menjadi langsam / stasioner


Bila daun katup aus hanya sedikit maka perbaikan dapat dengan cara men-sekir lagi, namun apabila daun katup tersebut pecah maka untuk memperbaikinya harus dengan melakukan penggantian dengan yg baru. Dan setiap penggantian katup yg baru di-sekir lagi lebih dahulu hal ini bertujuan supaya kedudukan daun katup dapat merapat dengan setting katup dari kepala selinder.
Akibat Dari Batang Katup atau Klep yg Aus Atau Mengecil

Ada beberapa akibat yg disebabkan oleh karena aus dan mengecilnya batang katup atau klep antara lain yaitu :
  • Pada batang klep menjadi kocak / longgar di dalam bos-nya
  • Bergeraknya katup tidak stabil / goyg
  • Oli di kepala silinder merembes masuk ke dalam ruang bakar
  • Oli mesin cepat habis atau berkurang
  • Motor berasap tebal atau ngebul hitam
  • Busi cepat kotor / hitam / basah dan cepat lemah dan mati
  • Ruang bakar cepat kotor oleh arang atau karbon
  • Permukaan kepala piston cepat kotor


Cara Memperbaikinya

Apabila batang klep sudah menjadi aus maka harus dilakukan penggantian dengan yg baru dan pada waktu mengganti katup ini sebaiknya bos katup / guide valve-nya juga harus diganti dengan yg baru.

Untuk mengganti katup saja cukup dengan kita pasang sendiri tetapi kalau mengganti bos katup harus dilakukan oleh bengkel bubut.


Beberapa masalah yg timbul akibat dari bengkoknya batang katup ialah :
Bergeraknya katup di dalam bos menjadi berat / seret ataupun bahkan macet sama sekali
  • Bos katup cepat rusak / aus / melebar / retak / pecah
  • Hidup motor pun menjadi tidak normal

Cara Memperbaikinya

Jika sampai batang katup menjadi bengkok maka untuk memperbaikinya harus dengan penggantian dengan yg baru.

Nb :
  • Beberapa Catatan Mengenai Masalah Katup / Klep Mesin Motor
  • Menyetel gap katup harus dilakukan pada waktu mesin dingin.
  • Setiap kepala selinder motor 4 tak terdapat dua buah katup yg terdiri katup IN ( lebih besar ) dan katup EX ( lebih kecil ).
  • Setiap katup EX terdapat satu oli seal dan oli sela ini harus diganti setiap melakukan penggantian katup yg baru
  • Setiap katup memiliki dua buah per yakni per kecil ( bagian dalam ) dan per besar ( bagian luar ).
  • Pada motor-motor yg memiliki CC-nya besar seperti Honda CB pada umumnya dimana khusus per yg besar gulungan ujung sebelah dengan gulungan sebelah tidak sama yakni gulungan sebelah renggang sedangkan gulungan ujung sebelah rapat dan cara pemasangannya ialah gulungan yg renggang dihadapkan ke atas sedangkan gulungan rapat dihadapkan ke bawah.

Untuk perhatikan supaya per katup yg kecil tidak boleh tertukar dengan per kopling, pada waktu memasang kembalinya sebab antara per katup yg kecil dengan per kopling hampir sama bentuk dan ukurannya..

Demikianlah pembahasan mengenai Ternyata Ini!! Penyebab Kerusakan Katup (Valve) “Cara Memperbaikinya” semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Memperbaiki Katup (Valve) Yang Rusak dan Penyebabnya

0 komentar:

Posting Komentar